Bencana alam yang terjadi dalam beberapa minggu ke belakang di Kabupaten Bogor, mengundang keprihatinan berbagai pihak  yang tergerak untuk melakukan aksi sosial untuk membantu meringankan beban para korban. Salah satunya  pada selasa (06/03/2018) KNPI Kabupaten Bogor bersama dengan komunitas Civilian Jeep Indonesia (CJID) chapter Bogor  dengan menggandeng Astra Grup, Pos Pandai Rumah Kreatif Nusantara, FKPPI Kab.Bogor serta Organisasi Kepemudaan bergerak untuk mengunjungi lokasi bencana alam longsor yang menelan korban jiwa dan harta benda di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor yang terjadi pada 5 februari 2018 lalu.

istimewa

Menurut Ketua KNPI Kab. Bogor, M. Burhani, lokasi bencana bisa dikatakan memang wilayah rawan longsor sehingga masyarakat harus lebih peduli terhadap lingkungan dengan menanam tanaman keras di tebingan agar mampu menahan pergeseran tanah akibat air hujan.

istimewa

“Di wilayah ini pengelolaan sampah berbasis masyarakat pun harus mulai dilakukan, oleh sebab itu saya dan tim melakukan bakti sosial yang diberikan kepada korban dampak longsor sekaligus mengajak turut serta rekan-rekan Pos Pandai Rumah Kreatif Nusantara untuk menanam pohon bareng di lokasi serta sedikit memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah berupa produk daur ulang dan pemilahan sampah”. Jelas Burhan.

istimewa

Ditambahkan Burhan kegiatan bakti sosial tersebut juga merupakan bagian dari komitmen lanjutan KNPI terkait peringatan Hari Peduli Sampah Nasional  2018 Kab. Bogor yang digelar beberapa waktu lalu.


“KNPI siap menjadi pembawa tongkat estafet dalam penanggulangan bencana melalui gerakan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat dan penanaman pohon”. Ujarnya.

istimewa

Sementara itu disampaikan Sekjen CJID Chapter Bogor,  Agus, bahwa kegiatan bakti sosial tersebut sangat sejalan dengan misi CJID chapter Bogor yang memang mempunyai agenda rutin dalam melakukan aksinya nyata membantu masyarakat yang membutuhkan.

istimewa

“Selain mempunyai agenda rutin untuk melakukan baksos, kami juga senantiasa melakukan kampanye go green untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, untuk itulah kami membangun sinergitas dengan rekan-rekan komunitas Pos Pandai.  Semoga kedepannya masyarakat yang terkena bencana ini tidak apatis dan lebih peduli lagi terhadap alam dan lingkungannya”. Jelas Agus.

istimewa

Senada dengan  Agus, Kepala Desa Warung Menteng, Maman Fatullah berharap masyarakatnya bisa merubah perilaku terkait sampah.

istimewa

Kepala Desa Warung Menteng dan Staff Desa Cibalung

“Dengan kejadian ini semoga warga kami bisa lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan namun bisa mengolahnya.  Kunjungan ini juga mengingatkan kami akan pentingnya melakukan penanaman pohon guna mencegah terulangnya kejadian serupa.” Ujar Maman yang ikut menanam pohon rasamala di lokasi longsor.  

istimewa

Staff Desa Cibalung menerima cenderamata berupa tas hasil daur ulang sampah dari anggota Pos Pandai


0

Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts