Kepedulian terhadap lingkungan saat ini sudah mulai menjadi perhatian di Indonesia. Terutama setelah terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari tahun 2005 yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Kejadian tersebut memicu pemerintah untuk mencanangkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

forestationkehutananugm.blogspot.co.id

Sejak saat itu HPSN selalu diperingati tiap tahun, setiap tanggal 21 Februari. Pada peringatan HPSN tahun 2016, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup juga mencanangkan “Indonesia Bebas Sampah tahun 2020”. Dengan pencanangan tersebut diharapkan membuat semua daerah bisa mendorong masyarakatnya untuk peduli terhadap lingkungan khususnya dalam hal penanggulangan sampah.

nu.or.id

Di Kabupaten Bogor, pada peringatan HPSN tahun 2018 ini pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, membuat terobosan dengan menggandeng Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi) Kabupaten Bogor serta para aktivis lingkungan yang tergabung dalam Rumah Kreatif Nusantara, dalam menggelar rangkaian kegiatan peringatan HPSN 2018.

istimewa

Kegiatan pertama yang dihasilkan dari kolaborasi tersebut adalah acara diskusi atau talkshow yang digelar pada tanggal 21 Februari 2018, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor. Acara yang mengambil tema “Swakelola Sampah Menuju Ekonomi Kreatif” ini menghadirkan tiga orang narasumber dan dihadiri oleh sekitar 1000 peserta yang terdiri dari para Lurah, Camat, Organisasi Perangkat Daerah, Organisasi Kepemudaan dan masyarakat peduli lingkungan se Kabupaten Bogor.

dokumen pribadi

Menurut Candra Hardiansyah, Ketua Panitia HPSN 2018 Kabupaten Bogor, kegiatan talkshow tersebut bertujuan untuk mengajak dan membuka pikiran para peserta yang hadir untuk merubah paradigma dari sampah adalah masalah menjadi sampah adalah rupiah.

dokumen pribadi

“Para peserta diskusi yang hadir yang merupakan stake holder di Kabupaten Bogor diharapkan bisa menularkan pemahaman kepada masyarakat luas, bahwa sudah waktunya semua sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan, salah satunya dengan penanggulangan sampah, tidak hanya membuang sampah pada tempatnya saja, namun konsep Pilah Ambil Nabung Daur Ulang (sampah) Alat dan Inovasi (PANDAI) harus dilakukan, agar timbunan sampah di TPA bisa terus berkurang dan masyarakatpun mendapatkan nilai tambah”. Jelasnya.


Ditambahkan Candra acara diskusi juga ditutup dengan deklarasi bersama “Kabupaten Bogor Bersih Sampah 2020”.

dokumen pribadi

Setelah acara Diskusi, rangkaian kegiatan peringatan HPSN 2018 Kabupaten Bogor dilanjutkan dengan kegiatan Jambore “Pos Pandai Greenvaganza 2018” yang digelar pada tanggal 23 hingga 25 Februari 2018, di Bumi Perkemahan Pramuka Cimandala Cibinong Kabupaten Bogor yang di ikuti oleh ratusan peserta yang merupakan aktivis lingkungan dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda.

istimewa

Menurut Atis Tardiana, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada DLH Kabupaten Bogor yang juga inisiator peringatan HPSN 2018 Kabupaten Bogor, bahwa kegiatan Jambore dengan ratusan peserta dari lintas profesi menandakan bahwa saat ini kesadaran masyarakat Kabupaten Bogor sudah mulai meningkat untuk ikut serta menanggulangi sampah di Kabupaten Bogor secara gotong royong.

istimewa

“Saya bersyukur rangkaian kegiatan HPSN 2018 di Kabupaten Bogor ini berjalan dengan cukup sukses, kegiatan ini hanyalah salah satu langkah untuk memberikan kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan dan menularkannya kepada masyarakat luas. Semoga semua peserta bisa terus konsisten melakukan aksi nyata dalam melakukan penanggulangan sampah, sehingga Kabupaten Bogor Bersih Sampah 2020 bisa terwujud”. Urainya.

istimewa

Ditambahkan Atis dalam kegiatan Jambore tersebut diisi dengan beragam acara, seperti games interaktif, sarasehan, musik, tari jaipong, barongsai, marawis, kampung biopori dan clean up.


 

istimewa

"yang menarik dari helaran tersebut adalah adanya akulturasi budaya yang melebur jadi satu sebagai simbol bahwa sampah merupakan tanggung jawab bersama dalam penanggulangannya dan bukan hanya milik satu pihak ". tuturnya

istimewa

Sementara itu disampaikan Heru salah satu peserta jambore dari perwakilan KNPI Kabupaten Bogor asal Jonggol, menurutnya baru kali ini dia mengikuti kegiatan sosialisasi terkait penanggulangan sampah yang tidak membosankan.

istimewa

“ Saya terkesan dengan kegiatan ini, peserta diajak secara interaktif mengenal lebih jauh dampak dan penanggulangan sampah di lingkungan. Semoga kegiatan tidak berhenti disini saja, namun ada langkah yang berkelanjutan, agar Bogor Bebas Sampah tidak hanya menjadi slogan semata ”. Ujar Heru.

istimewa

1

Average: 5
Rating Count: 1
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts