Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tangal 21 Februari 2018, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor dan Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) Kabupaten Bogor, bekerjasama dengan Rumah Kreatif Nusantara akan menggelar rangkaian kegiatan HPSN 2018

Istimewa

Kegiatan akan diawali dengan acara Diskusi yang dikemas dalam format Talkshow terkait sampah pada Rabu 21 Februari 2018 di Gedung Tegar Beriman Cibinong Kabupaten Bogor. Dalam  Talkshow yang mengusung tema” Swakelola Sampah Menuju Ekonomi Kreatif” ini akan menghadirkan 3 orang narasumber yaitu :



  1. Agus Subagya dengan materi pengelolaan BUMDES dalam swakelola sampah

  2. Saut Marpaung dengan materi Nilai Ekonomis Sampah An Organik

  3. Atis Tardiana dengan materi Integrasi Bank Sampah menunjang Unit Usaha BUMDES


Kegiatan tersebut direncanakan akan dihadiri oleh 1000 peserta yang terdiri dari seluruh Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Bogor, Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Bogor, Polres Bogor, Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Komunitas Lingkungan, Perusahaan Swasta, Bank Sampah, Aktivis lingkungan dan unsur lain yang ada di Kabupaten Bogor.

Istimewa

Selain itu dipenghujung acara Talkshow akan diadakan deklarasi “Kabupaten Bogor Bersih Sampah Tahun 2020”  bersama Bupati Bogor, yang merupakan wujud komitmen seluruh unsur yang ada di wilayah Kabupaten Bogor dari mulai pemerintah, swasta atau perusahaan, komunitas, organisasi kemasyarakatan serta organisasi non pemerintah lainnya untuk mewujudkan Kabupaten Bogor Bersih Sampah tahun 2020.

Jambore POS PANDAI GREENVAGANZA 2018

Selanjutnya rangkaian kegiatan HPSN tahun 2018 dilanjutkan dengan pelaksanaan JAMBORE yang mengambil tajuk “ POS PANDAI GREENVAGANZA 2018” yang akan digelar pada tanggal 23 hingga 25 Februari 2018 di Bumi Perkemahan Cimandala Bogor. Kegiatan Jambore ini direncanakan akan diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari para penggiat lingkungan. Jambore digelar dengan tujuan terjalin silaturahmi diantara sesama pegiat lingkungan di Kabupaten Bogor, sehingga bisa saling berbagi pengalaman dan menguatkan niat dalam penanggulangan dan pengelolaan sampah di Kabupaten Bogor.


Kegiatan Jambore akan dikemas dengan suasana santai namun berbobot dan mengusung filosofi PANDAI (Pilah sampah, Ambil sampah, Nabung sampah, Daur ulang sampah Agar Indah). Jambore akan di isi dengan serangkaian acara music PANDAI, saresehan PANDAI, seni budaya PANDAI, standup comedy PANDAI, games PANDAI, bazaar PANDAI, dan selain itu juga para peserta akan melakukan Clean UP, penanaman dan membuat kampung Biopori.


Rangkaian kegiatan HPSN ini di harapkan sebagai komitmen awal bersama yang dilanjutkan dengan aksi nyata di setiap wilayah kerjanya masing-masing oleh seluruh unsur yang terlibat. sehingga tujuan Kabupaten Bogor Bersih Sampah 2020 bisa diwujudkan secara maksimal. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor dengan ASOBSI Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Rumah Kreatif Nusantara dan didukung oleh Komunitas lingkungan, TNI POLRI, Tokoh Lintas Agama, LSM, ORMAS dan juga para sponsorship.


 

Ayo Bergerak Bersama

Terakhir  penulis mengajak kepada semua pihak yang peduli terhadap lingkungan untuk bersama melakukan aksi nyata dalam menjaga lingkungan. Salah satunya dengan ikut bersama meramaikan kegiatan peringatan HPSN tahun 2018 di Kabupaten Bogor ini.  


Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi :



  1. Bp. Atis Tardiana 0812-8038-3484 KABID PSM DLH Kab. Bogor

  2. Candra Hardiansyah 0813-1767-6767 Ketua Panitia HPSN

  3. Rachmat Sulaiman 0812-8108-0237 Ketua ASOBSI Kab. Bogor


 


Kegiatan Jambore juga akan dimeriahkan dengan penampilan dari Band Platinum dan Panji Alit

Platinum

https://www.youtube.com/watch?v=wyGyCNHcj_A&app=desktop
youtube.com

Panji Alit

https://www.youtube.com/watch?v=WqFeq6bzyxs&feature=youtu.be
youtube.com

1

Average: 5
Rating Count: 1
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts