http://ortubijakanakbaik.blogspot.co.id

Dorothy Low Nolte dalam Children Learn What They Live with mengungkapkan:
“jika anak banyak dicela, ia akan terbiasa menyalahkan.
Jika anak banyak dikasihani, ia akan terbiasa meratapi nasibnya.
Jika anak serba dimengerti, ia akan terbiasa menjadi penyabar.
Jika anak banyak diberi dorongan, ia akan terbiasa menghargai.
Jika anak diperlakukan dengan jujur, ia akan terbiasa melihat kebenaran”


Penggalan ungkapan diatas menggambarkan kepada kita bahwa seorang anak akan tumbuh sebagaimana lingkungan mengajarinya. Jika seorang anak tumbuh dalam lingkungan yang baik, maka dia akan terbiasa untuk selalu berbuat baik. Sebaliknya jika seorang anak tumbuh dalam lingkungan yang mengajarinya untuk berbuat keburukan dan kejahatan, maka dia akan tumbuh menjadi pelaku keburukan dan kejahatan yang baru.


Anak-anak adalah insan yang senang meniru. Orang tua adalah figur, idola, dan cermin. Seorang anak akan mencontoh kebiasaan orang-orang yang paling dekat dengannya. Bila orang tua menunjukan kebiasaan baik kepada anaknya, maka anak itu akan dengan cepat mencontohnya. Hal yang paling mudah ditiru oleh seorang anak adalah perkataan yang keluar dari mulut kita. Bukan hanya orang tua, bahkan orang tak dikenal yang sedang berbicara didekatnya pun bisa dia tiru.


Oleh karena itu, tanggung jawab orang tua untuk memberikan lingkungan terbaik untuk pertumbuhan anak. Salah satu cara adalah dengan memberikan keteladanan yang baik. Karena kenangan yang tak terlupakan bagi seorang anak adalah kepribadian ayah-ibunya yang mulia. Keteladanan dalam pendidikan merupakan sarana yang efektif dan berpengaruh.


Seorang anak akan menyimpan apa yang ia dapati dalam memorinya kuat-kuat. Maka dari itu seorang anak tidak boleh melihat orang tuanya bersikap kontradiktif. Misalkan orang tua mengatakan bahwa makan dengan tangan kiri itu tidak boleh, sedangkan orang tua sendiri makan dengan tangan kiri dihadapan anaknya. Lantas bagaimana cara tepat mendidik anak sedini mungkin?


Mendidik anak usia dini ibarat mengukir batu yang akan melekat selamanya. Pendidikan anak pada usia dini akan sangat melekat hingga anak dewasa. Menjadi fondasi bagi pendidikan anak selanjutnya dan akan berperan besar bagi keberhasilan anak di masa depan. Seorang anak akan menjadi sebuah individu yang cerdas, penuh percaya diri dan mampu mengarungi kehidupan beserta tantangannya dengan kuat. Dia akan menjadi pribadi yang kuat, berkualitas dan berguna bagi masyarakat.


Bagi orang tua, anak adalah sebuah tumpuan ketika sudah berusia senja, tempat dimana orang tua bergantung. Merawat, mendidik, dan membesarkan anak adalah menanam pahala yang akan dituai kelak diakhirat. Jika orang tua berhasil mendidik anaknya menjadi anak yang sholeh, makan akan menjadi perantara bagi orang tuanya untuk mendapatkan syurga. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda “Bila seseorang meninggal, terputuslah semua amalannya kecuali tiga perkara: amal sholeh, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh yang berdoa untuknya.” (HR. Muslim)


Bagi negara, anak adalah penerus masa depan bangsa dan negara. Seorang anak yang baik akan menghantarkan bangsa ini menuju bangsa yang maju dan bermartabat. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini merupakan investasi yang amat penting bagi terciptanya sumberdaya manusia berkualitas untuk masa depan yang lebih baik. Keberhasilan bangsa di masa depan ditentukan oleh pengembangan pendidikan anak usia dini.


Maka jelaslah, mendidik anak sedini mungkin itu penting untuk membangun sumber daya manusia yang berkemampuan intelegensi tinggi, ketahanan mental yang kokoh, berkepribadian dan berperilaku sosial yang baik. Bukan hanya untuk kemaslahatan anak itu sendiri dan jaminan hari tua orang tuanya, melainkan demi membangun bangsa dan negara yang lebih maju dan berhasil. Bukan hanya untuk keberhasilan secara individu, namun juga untuk keberhasilan semua umat secara menyeluruh.


Jylan Azizah NM


4

Average: 5
Rating Count: 4
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts