http://blog.buraga.org

Biasanya setiap orang itu pasti pernah merasakan grogi ketika tampil di depan umum, atau pun saat berhadapan dengan orang penting.


Hal itu sepertinya sering dialami oleh kita, bahkan sebagian orang mungkin akan tetap mengalami hal tersebut jika ia tidak bisa mengatasi rasa grogi yang muncul secara tiba-tiba. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa cara unik untuk mengatasi rasa grogi mu, yaitu :


1. Jangan Takut Salah


Sebab biasanya tanpa kita sadari, rasa takut seringkali hadir  dan membuat pikiran kita menjadi buyar. Lantas seharusnya kita tak perlu merasa takut salah, karena sudah sewajarnya manusia itu tak pernah bisa luput dari kesalahan. Itu artinya, tak perlu ragu lagi kan jika kita mencoba tampil tanpa perlu takut?


2. Buang Pikiran Negatif


Biasakan untuk lebih berpikir ke arah yang positif sebelum tampil di depan umum, karena biasanya kita itu grogi akibat memikirkan hal–hal yang negatif, seperti : takut dicaci orang, diomongin orang, dll. Padahal belum tentu orang itu memperhatikan kita saat tampil, biasanya kalau tampil di depan kelas, ada aja orang yang tidak memperhatikan, dan asik sendiri dengan kesibukannya masing–masing.


3. Ubah Eye Contact menjadi Forehad Contact


Ketika kita tampil di depan umum dan mempresentasikan materi, sudah pasti kita menjelaskannya sebari menatap ke depan/ke arah mata pendengar dengan istilah lain eye contact.  Namun, jika kita tidak berani saat menatap mata para pendengar, kita juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menatap dahinya. Karena letak dahi yang dekat dengan mata, bisa membuat orang yakin bahwa kita sedang menatap matanya.


4. Merileksasikan Diri Sejenak


Caranya dengan mengatur nafas,  dan buat diri kamu nyaman. Karena rasa nyaman itu bukan dicari, tapi kita sendiri yang menciptakan.


5. Belajar Berbicara di Depan Cermin


Hal ini bisa membuat kita menjadi tahu di mana kesalahan kita agar bisa memperbaikinya sebelum tampil, dan inipun bisa melatih rasa percaya diri kita saat berbicara di depan umum.


Nah, mungkin hal–hal yang di atas bisa membantu kita saat ingin tampil di depan umum ataupun berbicara dengan orang penting. Cobalah dipraktik kan, semoga berhasil. Begitu juga dengan saya. Saya termasuk orang yang sering grogi, bahkan sering lupa materi jika sudah maju kedepan. Untuk mengatasi hal itu,saya mulai mencoba menggunakan cara nomor 2 dan 3, Alhasil,rasa grogi pun berkurang! Dan di lanjutkan menggunakan cara berikutnya. Namun jika tidak berhasil, mungkin kamu sendiri punya cara lain yang mampu untuk mengurangi rasa grogimu. Selamat mencoba!


Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.


0

Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts