Platochek (Saputangan)

Platochek (Saputangan)
harianbebas.com

Lagu pertama yang populer ini yaitu Saputangan, yang di populerkan oleh Maya Golovnya. Lagu ini menceritakan tentang selembar saputangan yang menjadi kenangan satu-satunya dari kekasih yang telah meninggalkannya. Pencipta lagu ini adalah Bapak Gesang maestro keroncong indonesia yang lahir di surakarta jawa tengah 1 Oktober 1917.

Rayuan Pulau Kelapa

Rayuan Pulau Kelapa
qubicle.id

Lagu ciptaan Ismail Marjuki ini sangat populer di seluruh Uni Soviet pada era 1950-1960an, Lagu yang diciptakan tepat setelah kemerdekaan Republik Indonesia dialihbahasakan oleh Vladimir Korchagin seorang editor di TsSDF dan diaransemen ulang oleh komponis Uni Soviet Vitaly Geviksmen. Lagu ini sama sekali tidak diubah liriknya yang menceritakan tentang keindahan alam indonesia seperti kepulauan, flora, dan pantainya.

Yesly Ty Ulybnyoshsya (Apabila Kau Tersenyum)

https://youtu.be/L4lP_11aHVY
youtube.com

Yuri Yakushev lah yang mempopulerkan lagu asal indonesia "Apabila Kau Tersenyum" lagu ini diciptakan oleh Amin Usman. Lagu ini pertama kali dipopulerkan di Uni Soviet pada tahun 1961 bersamaan dengan lagu "Ayo Mama". Adapun selain versi yang dibawakan Rien Hardjono, ada pula yang dipopulerkan oleh aktor asal malaysia "P.Ramlee" tetapi ada sedikit perbedaan lirik pada lagu tersebut.

Progulka S Otsom (Naik Delman)

Progulka S Otsom (Naik Delman)
madahbakti.blogspot.co.id

Siapa si yang tidak kenal lagu anak-anak ini yang sudah familiar ditelinga kalian masing-masing. Lagu yang populer dimasanya ini, tidak hanya di indonesia dan juga populer di Uni Soviet. Pada versi bahasa Rusia lagu anak-anak ini dinyanyikan oleh seorang penyanyi asal Armenia yaitu Rubina Kalantaryan. Namun lagu ciptaan Ibu Sud terdapat sedikit perubahan lirik pada lagu tersebut pada versi aslinya, sedangkan versi Rusianya tidak ada transportasi delman dan ia menggantinya dengan nama kereta kuda.

Ayo Mama

https://youtu.be/Xipf5hv9n9w
youtube.com

Lagu terakhir ini berasal dari maluku yang banyak di kagumi orang indonesia. Lirik lagu ini bercerita seorang anak yang takut dimarahi oleh ibunya karena ketahuan pacaran, anak itu pun membujuk ibunya agar tidak dimarahi karna dia hanya berpegangan tangan saja. Lagu ini dipopulerkan oleh Yuri Yakushev di Rusia tahun (1943-2011) ia adalah seorang pemusik dan pengaransemen terkenal di Uni Soviet.


0

Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts