Di zaman yang modern ini, jam tangan menjadi fashion utama yang dipakai masyarakat. Namun perlu kalian ketahui, sebagai penunjuk waktu, jam memiliki banyak jenisnya lho. Sejarah mencatat bahwa beberapa jenis jam yang tersebar di dunia ini telah diakui keberadaannya oleh masyarakat.  Inilah 5 Jenis Penunjuk Waktu Di Dunia !

1. Jam Pasir

1. Jam Pasir
kompasiana.com

Jam pasir biasanya digunakan untuk mengukur waktu. Jam pasir terdiri dari dua tabung besar yang memiliki penyempitan rongga di tengahnya. Sesuai namanya, jam pasir diisi dengan pasir sebagai pengukur waktu yang tepat. Belum jelas darimana asalnya jam pasir ini. Namun beberapa tulisan menjelaskan bahwa jam pasir berasal dari Yunani.

2. Jam Matahari

2. Jam Matahari
murahgrosir.com

Dalam sejarah, jam matahari merupakan jenis jam tertua di dunia.  Pembuatan jam matahari di dunia Islam dilakukan oleh Ibnu al-Shatir, seorang ahli Astronomi Muslim ( 1304-1375 M). Tapi beberapa artikel menyatakan bahwa jam matahari pertama kali dibuat pada tahun 3500 SM. Sekarang jam matahari dapat kita temukan di musem - museum tempat penyimpanan barang bersejarah. 

3. Jam Atom

3. Jam Atom
beritagar.id

Berbicara tentang penunjuk waktu yang satu ini, jam atom pernah kita temui di pelajaran IPA semasa SD lalu. Jam atom adalah sebuah jenis jam yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom sebagai penghitungnya. Standar frekuensi atom terbaik sekarang ini berdasarkan fisika yang lebih maju melibatkan atom dingin dan air mancur atomik.

4. Jam Weker

4. Jam Weker
item.blanja.com

Jam weker adalah jenis jam yang dapat berbunyi sesuai keinginan kita. Dahulu, jam ini digunakan sebagai alarm untuk membangunkan orang dari tidurnya. Namun di zaman sekarang, orang sudah menggunakan alarm pada Handphone untuk membangunkan mereka dari tidurnya. Akan tetapi masih banyak orang yang menggunakan jam weker, bahkan film - film juga memperlihatkan jam weker sebagai alarm untuk membangunkan seseorang dari tidurnya. 

5. Jam Digital

5. Jam Digital
youtube.com

Seiring berjalannya waktu, orang mulai beralih ke jam digital. Jam digital dijalankan secara elektronik. Jam digital umumnya menggunakan 50 atau 60 hertz osilator AC atau kristal osilator seperti dalam jam kuarsa untuk menjalankannya. Jam digital kebanyakan menggunakan sistem 12 jam dengan indikasi "AM" dan "PM". 


0

Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts