Barista adalah sebutan untuk orang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Menjadi barista tidaklah mudah, atau sebagian orang menganggap tidaklah sulit. Namun perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa fakta dibalik pekerjaan seorang barista. Berikut 5 Fakta Tentang Barista Yang Perlu Kamu Ketahui !

1. Dapat Membuat Kopi Sesuai Keinginan Pelanggan

1. Dapat Membuat Kopi Sesuai Keinginan Pelanggan
kumparan.com

Terkadang pelanggan bosan dengan penyajian kopi dengan model yang itu - itu saja. Maka dari itu, barista memiliki skill yang cukup tinggi untuk menerima apapun jenis kopi yang diinginkan pelanggan, baik itu secara rasa maupun design. Tak perlu banyak menyuruh hal yang sebenarnya telah umum diketahui oleh barista kopi, karena mereka pun sudah mengusai semua hal tersebut.

2. Setiap Barista Memiliki Teknik Tersendiri

2. Setiap Barista Memiliki Teknik Tersendiri
majalah.ottencoffee.co.id

Setiap barista pastinya memiliki karakternya tersendiri dalam membuat kopi untuk pelanggan. Teknik yang digunakan dalam pembuatan kopi pasti beragam. Sebagai contoh, terkadang kita menemukan rasa kopi di kafe A dan kafe B itu berbeda, padahal kita memesan dengan menu dan jenis kopi yang sama. Hal itu terjadi karena perbedaan karakter dari teknik pembuatan kopi antara 2 barista yang berbeda.

3. Mengikuti Sekolah Khusus

3. Mengikuti Sekolah Khusus
liputan6.com

Jika hanya menjadi barista untuk membuat kopi, beberapa orang bisa belajar sendiri atau secara otodidak. Kenyataannya, terdapat sekolah khusus untuk menjadi barista professional. Di Indonesia pun terdapat sekolah khusus barista, seperti Indonesian Coffee Academy, 5758 Coffee Lab, dan sekolah khusus barista lainnya. Pendidikan yang diberikan pasti mampu membuat pelajarnya menjadi barista yang unggul dan professional. 

4. Menghadapi Pelanggan Yang Kurang Sopan

4. Menghadapi Pelanggan Yang Kurang Sopan
majalah.ottencoffee.co.id

Setiap hari, pekerja barista banyak menghadapi pelanggan dengan karakter yang berbeda - beda. Jika pelanggan itu sopan dalam meminta sesuatu, pasti barista tersebut juga senang dalam melayaninya. Namun tidak sedikit pula pelanggan yang kurang sopan dalam berkomunikasi. Sebagai barista, mereka pasti tau betul akan menghadapi pelanggan seperti itu. Bekerja sebagai barista bukanlah hal yang mudah dan tidak bisa diremehkan. 

5. Kerjasama Yang Baik Antar Barista

5. Kerjasama Yang Baik Antar Barista
savoryexposure.com

Bekerja sebagai barista harus bisa beradaptasi dengan baik di lingkungannya. Karena jika seorang barista tidak mengerti satu hal tentang pekerjaannya, maka barista tersebut harus bertanya kepada barista yang sudah lebih professional. Jika tidak bertanya, maka akan terjadi kesalahan yang membuat turunnya reputasi. Membuat lingkungan yang baik antar barista bisa membuat pekerjaan akan terasa lebih mudah. 


0

Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts