Bumi adalah sebagian kecil dari alam semesta. Banyak peristiwa alam yang masih tidak diketahui manusia. Bicara soal langit, terkadang kita khawatir tentang bencana alam yang terjadi. Namun, ternyata langit juga menyimpan fenomena unik dan indah lho. Tercatat ada beberapa fenomena alam di langit yang menawan dan jarang ditemui. Inilah 5 Fenomena Alam Di Langit Yang Menawan !

1. Halo

1. Halo
melinweb.com

Halo adalah sebuah fenomena yang terjadi dilangit pada siang hari ketika matahari terlihat dikelilingi lingkaran pelangi yang sangat besar. Masyarakat menyebutnya matahari bercincin.  Fenomena halo terjadi di langit Yogyakarta pada tanggal 4 Januari 2011 pukul 11.30 WIB dan berlangsung sekitar 30 menit. Terjadinya fenomena halo tidak ada hubungannya dengan akan datangnya suatu bencana alam. 

2. Aurora

2. Aurora
tripsavvy.com

Berbeda dengan fenomena alam halo, fenomena alam aurora terjadi pada malam hari. Aurora adalah suatu fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala yang terjadi dilapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi medan magnet planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Aurora hanya terjadi di wilayah Kutub Utara dan Kutub Selatan. 

3. Mammatus Cloud

3. Mammatus Cloud
earthporm.com

Mammatus cloud adalah suatu fenomena dimana awan dilangit berbentuk seperti bergelembung - gelembung dan bergelombang. Terlihat sangat lembut, halus dan membentuk formasi yang sangat indah serta menakjubkan. Meskipun awan ini sangat indah, namun perlu diwaspadai karena Mammatus cloud merupakan pertanda akan datangnya cuaca yang ekstrim atau akan datang badai. 

4. Supermoon

4. Supermoon
news.rakyatku.com

Supermoon adalah salah satu dari berbagai fenomena bulan. Supermoon adalah suatu fenomena dimana posisi bulan berada pada titik terdekat dengan bumi. Saat fenomena ini terjadi, kita dapat melihat ukuran bulan yang sangat besar, melebihi ukuran bulan biasanya. Dalam istilah astronomi, titik terdekat bulan ke Bumi itu disebut perigee.

5. Sun Dog

5. Sun Dog
worldatlas.com

Saat fenomena ini terjadi, yang kita lihat adalah matahari seperti nampak kembar.  Fenomena ini di dahului dengan adanya es hexagonal di langit, kemudian datanglah sinar matahari. Ketika cahaya matahari menembus lapisan es tersebut munculah cahaya kedua yang kemudian terlihat secara kasat mata sebagai kembaran matahari. Fenomena sun dog merupakan jenis dari fenomena atmosferik yang sudah sangat dikenal di dunia sains.


0

Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts