hellosehat.com

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan dari kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Minum segelas susu setiap hari sebelum beraktifitas dapat menyegarkan tubuh. Tentu saja di dunia ini banyak jenis susu yang memiliki manfaatnya masing- masing. Berikut penjelasan beberapa jenis susu beserta manfaatnya. 

1. Susu Sapi

1. Susu Sapi
merdeka.com

Susu sapi adalah jenis susu yang paling sering diminum oleh masyarakat Indonesia. Kandungan nutrisi yang ada pada susu sapi murni tidak hanya melingkupi protein dan kalsium saja, melainkan juga vitamin A, vitamin B, vitamin D serta asam amino. Kandungan - kandungan tersebut dapat mencegah terkena penyakit anemia. Vitamin D serta kalsium yang terkandung dalam susu sapi murni ini berefek positif bagi tubuh, yakni membantu menjaga kekuatan gigi serta tulang.

2. Susu Kambing

2. Susu Kambing
sijai.com

Di Indonesia, konsumsi susu kambing tidak sebanyak konsumsi susu sapi. Namun susu kambing juga memiliki beberapa khasiatnya lho. Susu kambing meningkatkan kemampuan untuk memetabolisme zat besi dan tembaga, khususnya pada orang yang memiliki penyerapan dan pencernaan terbatas. Susu kambing di sisi lain juga sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan.

3. Susu Unta

3. Susu Unta
starberita.com

Di tanah Jazirah Arab, unta tidak hanya dijadikan sebagai kendaraan atau ternak, melainkan susunya pun diperah untuk diminum.  Bila dibandingkan dengan susu sapi, kandungan laktosa dan lemak susu unta jauh lebih rendah, sedangkan kandungan vitamin C dan zat besi masing-masing 3 kali dan 10 kali lebih banyak daripada susu sapi. Susu unta juga mengandung unsur antimikroba tertentu yang bermanfaat bagi tubuh.

4. Susu Kuda

4. Susu Kuda
klikdokter.com

Susu kuda merupakan susu yang juga digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia. seperti halnya 3 jenis susu sebelumnya, susu kuda memiliki khasiat didalamnya.  Susu kuda sama dengan susu dari hewan lainnya seperti sapi dan kambing yang mengandung protein, karbohidrat, laktosa, lemak, kalsium dan mineral seperti kalium dan magnesium. Susu kuda bagus untuk pencernaan karena rantai proteinnya yang lebih mudah dicerna tubuh. 


0

Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts