Bulan ramadan telah tiba. Salah satu hal yang paling dinanti saat bulan ramadan adalah berburu kuliner lezat untuk berbuka puasa dan sahur. Jika anda bosan dengan menu berbuka puasa dan sahur yang itu-itu saja, akan berbeda ceritnaya jika anda berburu kuliner di Bandung.

Ya, sebagai kota sejuta kuliner, Anda tak akan kesulitan mencari kudapan lezat, nikmat, tentunya dengan ahrga terjangkau. Di setiap sudut jalan, banyak sekali penjaja kuliner enak, terutama ketika Ramadan tiba. Dijamin, petualangan kuliner Anda di bulan Ramadan ini akan terpuaskan dengan mudah.

Berikut ini saya rekomendasikan beberapa spot kuliner enak, yang bisa anda jadikan pilihan sebagai menu saat buka puasa dan sahur.

1. Berbuka Puasa Dengan Yang Hangat - Ronde Alkateri


Ditengah udara Bandung yang dingin, berbuka puasa dengan hidangan hangat seperti ronde, bisa menjadi pilihan. Bisa dibilang, Ronde Alkateri merupakan dedengkotnya Ronde di seantero Bandung karena sudah ada sejak tahun 1950-an loh!

Ronde yang disajikan dengan kuah gula merah cair, ditambah taburan kacang dan aroma jahe yang segar, siapa yang bisa berkata tidak pada hidangan yang satu ini?

Rondenya yang hangat mampu membuat suasana berbuka bersama teman-teman atau keluarga menjadi lebih hangat. Hidangan yang hangat, bercengkrama bersama sambil diselingi obrolan hangat, semuanya menjadi kombinasi sempurna di tengah suasana bulan Ramadan.

Ronde Alkateri

Alamat: Pusat, Jl. Alkateri | Cabang, Jl. Cibadak No. 99, Bandung

Jam Operasional: Alkateri, 17.00 – 22.00 | Cibadak, 18.00 – 00.00

Telepon: (022) 423 5067

Harga: Mulai Rp16.000/porsi

2. Cari Kudapan Manis Dan Gurih? Di sini tempatnya - Café Madtari


Awalnya, Madtari hanyalah sebuah warung tenda biasa di pinggir jalan Dago, namun karena tergusur oleh pembangunan jalan layang, ditambah pengunjung dan penggemar yang kian membludak, mereka akhirnya membuka kedai permanen.

Hidangan yang menjadi primadona di sini adalah roti bakar dan mie instan. Tersedia beragam varian rasa roti bakar yang bisa anda pilih untuk menu berbuka puasa roti bakar cokelat, roti bakar keju, roti bakar asin isi kornet dan telur, serta mie instan dengan beragam topping.

Bagi Anda yang suka manis plus gurihnya keju, tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa. Sudah bukan rahasia lagi jika Madtari terkenal gila-gilaan dalam memberi parutan keju di tiap hidangannya, bahkan sampai ‘mengubur’ menu utamanya!

Murah, kenyang, lezat, cocok untuk kudapan berbuka puasa.

Cafe Madtari

alamat: Jalan Rangga Gading No 10, Bandung

Telepon: 0812 2157 4540

Jam Operasional: Pukul 09.00 WIB hingga Pukul 03.00 WIB

Harga: Kisaran Rp6.500 – Rp22.500

3. Suka Hidangan Berbuka Yang Manis Nan Legit? Olahan Durian Bisa Jadi Pilihan - McDurens


Berbuka puasa selalu identik dengan yang manis-manis. Jika anda sedang ngabuburit di sekitar kawasan Asia Afrika, anda bisa cari sebuah warung tenda yang terkenal akan aneka sajian duriannya.

Jika anda pecinta duren, sudah pasti bakalan puas menikmati setiap sajian yang ditawarkan oleh McDuren. Pingin coba pancake Duren-nya nggak kalah sama yang asli medan? Ketan Duren ala Thailand? Sus Duren ala Malaysia? Jarcake Duren? Semuanya ada, bahkan sop duren yang creamy, dingin dan manis pun tersedia di sini. Cocok sebagai kudapan berbuka puasa. 

Sebagai hidangan pendamping, coba Ice Cappucinno Duren atau Milkshake Duren-nya yang rasanya bikin penasaran. Dijamin, sesudahnya anda akan langsung mimpi duren!

McDurens

Alamat: Jl. Cikapundung Barat (Asia Afrika), Bandung

Telepon: 0813 2097 5969

Jam Operasional: 17.00 – tengah malam

4. Sahur Bareng Si Eceu: Warung Ceu Mar


Anda penggemar hidangan khas warteg rumahan? Makan sahur di warung prasmanan milik Ceu Mar bisa menjadi pilihan. Menunya beragam, harganya yang bersahabat, serta hidangan yang rasanya akrab di lidah orang Indonesia (perhatian: cenderung pedas), rasa-rasanya menikmati santap sahur di Warung Ceu Mar ini sangatlah layak untuk dicoba.

Menu favorit yang jadi primadona para pelanggan si Euceu (tentunya jangan sampai dilewatkan) dan sudah diakui kelezatannya adalah, gulai daging dan oseng-osengnya yang pedas-pedas nikmat.

Soal harga, pastinya tidak akan buat dompet Anda gelisah. Dijamin!

Warung Ceu Mar

Alamat: Jl. Banceuy (dekat belokan arah Braga), Bandung

Jam Operasional: 16.00 – 05.00

Harga: Mulai Rp20.000

5. Tempat Makan Sate Favorit Para Pejabat: Sate & Gule Kambing HM Harris


Secara penampilan, rumah makan ini memang sederhana, namun di dindingnya banyak terpampang foto-foto para pejabat yang pernah bertandang ke sini, mulai dari gubernur, menteri sampai presiden.

Kedai yang mulai buka sejak tahun 1974 ini, menjadi semakin naik daun setelah beberapa waktu lalu dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo, saat beliau berkunjung ke Bandung. Menu yang paling recommended di sini adalah gule kambingnya. Potongan daging yang besar, serta kuah kental yang gurih, asin, manis kaya rempah cocok sekali untuk mengisi perut sekaligus menghangatkan tubuh di malam hari. Sangat pas untuk menikmati suasana sahur anda.

Dan yang istimewa, daging kambing yang dijual di sini sama sekali tidak beraroma prengus. Bagi anda yang tidak suka daging kambing pun pasti akan suka. Tidak perlu takut kehabisan, karena stok sate dan gule kambing di tempat ini melimpah, plus rumah makan ini buka selama 24 jam penuh loh! Anda bisa pilih, mau datang ketika jam berbuka puasa atau datang saat menjelang sahur.

Sate & Gule Kambing HM Harris

Alamat: Jl. Asia Afrika No. 155 (Simpang Lima), Bandung 40112

Telepon: (022) 422 0717

Jam Operasional: 24 jam

Harga: Gule kambing, Rp26.000 | Sate kambing, Rp30.000


Jika Anda memiliki spot kuliner yang cocok untuk berbuka dan sahur lainnya, boleh share di kolom komentar ya.. :D 


0

Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts