Guideline Komplet Bagi Yang Ingin Berkunjung Ke Singapura

 

Jika ini adalah pertama kalinya anda berwisata ke luar negeri, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai hal-hal apa saja yang perlu dan wajib diketahui di negara yang akan anda kunjungi. Hal ini bertujuan  agar liburan anda lebih lancar, menyenangkan dan tidak melanggar aturan, terlebih jika anda berniat untuk melakukan solo traveling.

 

Sebagai permulaan, banyak travellers pemula yang memulai solo traveling ke negara tetangga seperti Singapura. Selain jaraknya yang dekat, Singapura memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Lalu, hal-hal apa saja yang harus Anda ketahui dan persiapkan sebelum berlibur ke Singapura? Simak ulasannya berikut ini. 

 



  • Iklim Di Singapura




Perlu Anda ketahui, bahwa negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, memiliki iklim cuaca yang mirip dengan Jakarta. Kisaran suhu di Singapura sekitar 27 hingga 31 derajat celcius, maka dari itu, sebaiknya anda memakai pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti pakaian yang terbuat dari katun. Akan tetapi, jika anda berniat untuk melakukan lebih banyak aktivitas di dalam ruangan seperti berbelanja di dalam mall, anda bisa gunakan pakaian yang sedikit lebih tebal,  karena suhu AC di dalam mall cukup dingin. Curah hujan di Singapura pun cukup tinggi, untuk jaga-jaga, bawalah sepatu atau sandal yang nyaman dan anti slip, agar Anda masih tetap beraktivitas dengan nyaman/ 

 



  • Tempat-tempat Untuk Membeli Souvenir Murah




Sebagai negara yang multi etnis, Singapura dihuni oleh masyarakat dari berbagai macam negara. Oleh karenanya, souvenir yang dijual disini pun memiliki beragam jenis.

Chinatown: Menjajakan souvenir khas negeri bambu, mulai dari gantungan kunci, mug, T-shirt, kerajinan tangan seperti manik-manik cina, tas, sepatu, kipas, hiasan rumah antik cina, syal sutra, dll

Little India: Menjajakan berbagai  rempah-rempah asli India, perhiasan dan kain.

Museum Singapura: menyediakan hadiah dan suvenir unik khas Singapura

Kafe SPFG Butik: Menjajakan camilan lokal.



  • Berkeliling Kota Menggunakan Transportasi Umum




Singapura terkenal dengan transportasi publiknya yang bersih, terjangkau, nyaman dan aman. Untuk berkeliling Singapura, anda bisa memakai transportasi publik seperti bus dan MRT yang datang tepat waktu sesuai jadwal, untuk transportasi taksi, dikenakan sistem argo.

 



  • Budget Sekali Makan di Singapore




Budget untuk sekali makan di Singapura bisa sangat bervariasi, tergantung anda dalam pintar-pintar memilih jenis makanan dan lokasinya. Selain restauran, terdapat Foodcourt dan Hawker Centre yang banyak tersedia di semua tempat wisata. Untuk menghemat budget, anda bisa makan di Hawker Centre (sekitar $3/sekali makan) Jika budget anda lebih, anda bisa memilih foodcourt atau restoran

 



  • Kebersihan Kuliner Di Hawker Centre Dan Food Court




Singapura memiliki standar tinggi mengenai tingkat kebersihan, semua tempat makanan diharuskan untuk menampilkan sertifikat kesehatan yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan, penilaian mulai dari A (yang terbaik) hingga D.

 



  • Harga Air Mineral di Singapura




Banyak turis yang masih merasa enggan jika harus minum langsung dari keran, padahal pemerintah Singapura sudah menjamin air tersebut lebih bersih daripada air mineral botolan. Jika Anda tidak terbiasa, anda bisa beli air mineral di supermarket, harganya berkisar antara $0.7 hingga $2 untuk botol ukuran kecil.

 



  • Menghadapi Petugas Imigrasi




Bagi anda yang baru bepergian untuk pertama kali, terkadang ada rasa grogi seperti takut salah bicara saat ditanya oleh petugas imigrasi. Triknya hanya satu, tetap tenang sewaktu ditanya oleh petugas, jika anda sama sekali tidak mengerti, jawablah dengan sopan “Sorry, I don’t understand”. Jika Anda tidak bisa berbahasa Inggris, biasanya mereka akan mengerti dan tidak akan mempersulit.



  • Mengenai Visa Dan Fiskal Di Singapura




Bagi anda yang memegang paspor Indonesia, anda tidak memerlukan visa selama berkunjung ke Singapura, dengan jangka waktu kunjungan paling lama 30 hari. Saat ini, biaya fiskal pun sudah dihapuskan untuk perjalanan ke luar negeri.



  • Cara Menggunakan Toilet di Singapura




Hampir semua toilet di Singapura menggunakan toilet duduk, tapi di sini tidak tersedia water spray. Semua toilet umum biasanya adalah toilet kering, sehingga hanya menyediakan tisu kering saja. Jika anda belum terbiasa dengan toilet kering, sebaiknya Anda mempersiapkan tisu basah.

 



  • Aturan Membawa Rokok Ke Singapura




Seperti yang sudah kita ketahui, pemerintah Singapura memiliki peraturan ketat mengenai rokok, terlebih mengenai harga rokoknya yang sangat mahal. Jika anda ingin membawa rokok sendiri, peraturan pemerintah Singapura memberlakukan maksimal 2 bungkus, dengan syarat bungkus rokok sudah dibuka. Jika membawa lebih, maka petugas akan mengenakan pajak impor untuk rokok yang anda bawa, dan tentu saja jumlah pajaknya tidak setara dengan harga rokoknya.

 



  • Tempat-tempat Wajib Dikunjungi Di Singapura




Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, Singapura memiliki berbagai macam tempat-tempat serta wahana menarik yang wajib anda kunjungi. Berikut daftarnya:

- Universal Studio

- Resort World Sentosa

- Marina Bay Sands & MBS Sky Park

- Merlion Park

- Alive Museum 

- Trick Eye Museum

- Singapore Flyer

- Singapore Zoo

- Jurong Bird Park

- Haw Par Villa

- Sentosa Island

- Raffles Hotel

- Chinatown

- Little India

- Geylang Serai

- Wilayah Sungai: Boat Quay, Clark Quay dan Esplanade

- Bugis street

- Museum Singapura

- Botanic Gardens

 



  • Kegiatan Yang Menyenangkan Di Singapura




Malas bermain di wahana-wahana permainan dan ingin lebih menikmati keindahan kota Singapura? Anda bisa memilih wisata keliling kota seperti berikut:

1) Naik Cable Car

2) Naik perahu menyusuri Sungai Singapura

3) Wild Wild Wet

4) Hippo Tours

5) Duck Tours

6) Snow City

7) Naik MRT di kota Singapura

8) Trolley Tours

9) becak Tours

10) wisata jalan kaki

11) Singapore Flye

 



  • Mencari Hotel Dan Tiket Pesawat




Sebelum melakukan perjalanan, dan agar lebih nyaman, terlebih dahulu anda bisa mempersiapkan tiket dan booking hotel. Untuk menghemat budget, anda bisa memilih untuk menginap di capsule hotel yang harganya sekitar 50 SGD saja. Menarik bukan?

 

Selamat berlibur!

 

 


0

Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.

or to post your response.

Trenzing

TRENZING

Buat konten kreatif dapat uang? Create Post
Hot Topic
Pinned Posts